Penyebab & Ciri-Ciri Penderita Batu Empedu

Penyebab dan ciri-ciri penderita batu empedu kadang kita tidak mengetahui semuanya. nah, dengan hadirnya artikel ini. bisa menjadi sumber utama kita dalam mengenal itu semua. agar menghemat waktu, mari simak ulasan lengkap di bawah ini.

PENYEBAB BATU EMPEDU

Ketidakseimbangan dalam zat yang membentuk batu empedu. batu empedu bisa terbentuk jika empedu mengandung terlalu banyak kolesterol, terlalu banyak bilirubin, atau tidak cukup garam empedu. Para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami mengapa ketidakseimbangan ini terjadi. Batu empedu juga bisa terbentuk jika kantong empedu tidak bisa mengosongkan sepenuhnya.

Dan batu empedu dapat terjadi jika :

  • Empedu yang mengandung terlalu banyak kolesterol. Biasanya, empedu Anda mengandung cukup zat kimia untuk melarutkan kolesterol diekskresikan oleh hati Anda. Tetapi jika hati Anda mengeluarkan lebih banyak kolesterol dari empedu Anda dapat larut, kelebihan kolesterol dapat membentuk menjadi kristal dan akhirnya menjadi batu.
  • Empedu yang mengandung terlalu banyak bilirubin. Bilirubin adalah zat kimia yang diproduksi ketika tubuh Anda rusak sel-sel darah merah. kondisi tertentu menyebabkan hati Anda untuk membuat terlalu banyak bilirubin, termasuk sirosis hati, infeksi saluran empedu dan kelainan darah tertentu. Kelebihan bilirubin kontribusi untuk pembentukan batu empedu.
  • Kandung empedu Anda tidak kosong dengan benar. Jika kandung empedu Anda tidak mengosongkan sepenuhnya atau cukup sering, empedu dapat menjadi sangat terkonsentrasi dan ini memberikan kontribusi terhadap pembentukan batu empedu.

Dari hal diatas, dapat dibedakan bahwa batu empedu dapat dibedakan ke dalam 2 jenis batu, diantaranya :

  1. Kolesterol batu empedu. Jenis yang paling umum dari batu empedu, disebut batu empedu kolesterol, sering muncul berwarna kuning. Batu empedu ini terutama terdiri dari kolesterol, tapi mungkin berisi komponen lainnya.
  2. Batu empedu pigmen. Batu-batu coklat atau hitam terbentuk ketika empedu Anda mengandung terlalu banyak bilirubin.

CIRI-CIRI PENDERITA BATU EMPEDU

Selama batu empedu tidak menyumbat saluran empedu maka tidak akan menimbulkan gejala, namun sebaliknya jika batu yang terbentuk menyumbat saluran empedu maka barulah gejala penyakit batu empedu akan muncul.

Gejala utama yang umumnya dirasakan oleh seserang yang terkena penyakit batu empedu adalah sakit perut yang datang secara tiba-tiba atau disebut dengan kolik bilier.

Rasa sakit yang timbul bisa dibeberapa titik pada perut yakni bagian tengah, atas, atau kanan perut serta dapat menyebar kebagian tubuh lainnya seperti sisi tubuh atau tulang belikat. Rasa sakit tersebut akan terus ada walaupun sipenderita sudah ke toilet, kentut, atau muntah.

Jika batu empedu yang timbul menyumbat salah satu saluran pencernaan maka gejala yang timbul akan berbeda, yakni :

  • Sakit perut yang terus-menerus atau selalu kembali.
  • Demam tinggi.
  • Sakit kuning
  • Detak jantung yang cepat.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Diare.
  • Linglung.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Mual dan muntah.
  • Rasa sakit pada pundak.

Segera periksakan diri anda ke pusat kesehatan terdekat atau dokter ketika kondisi tersebut sedang anda alami, utamanya jika anda mengalami sakit perut hebat yang berlangsung lebih dari delapan jam, sakit kuning atau demam, maka dipastikan anda terkena oleh penyakit batu empedu

Klik dan baca juga obat batu empedu herbal

Demikian itulah ciri ciri dan penyebab batu empedu yang harus kita ketahui, agar dikemudian hari kita bisa mewaspadainya lebih dini.

Artikel Menarik Lainnya :

Rate here
BosanBaikBagusBagus SekaliLuar Biasa (nilai rata-rata: 4.80)
Loading...
Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi