Yuk Kenali Penebalan Dinding Rahim Serta Bahayanya

Gangguan yang disebut dengan penebalan dinding rahim ini disebabkan oleh paparan hormon yang berlebihan tanpa diimbangi oleh ketersedian hormon progesteron yang cukup. Ketidakseimbangan hormonal itu karena faktor intrinsik seperti kegemukan atau ekstrinsik seperti pemberian obat terapi sulih hormon. Penebalan Dinding Rahim Serta Bahaya

Apakah gangguan penebalan dinding rahim dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan?

Bila estrogen merangsang dinding rahim secara berlebihan akam menyebabkan dinding rahim menjadi lebih tebal. Hal tersebut merupakan kelainan, tentu dapat mengakibatkan keguguran yang berulang.

Gugurnya kandungan sering dikaitkan dengan hal yang sepele, kerap dianggap kebetulan. Padahal tidak selalu demikian. Menurut dr.Kanadi Sumapraja, SpOG, MSc, dokter speasialis kebidanan dan kandungan Depatemen Obstetri dan Ginekologi FKUI-RSCM, Jakarta, angka kejadian keguguran spontan di populasi berkisar 15-29 % untuk seluruh kehamilan.

Benarkah haid berat sebagai salah satu gejala yang diperlu diwaspadai?

Mungkin sebagian wanita tidak pernah berpikir bahwa kelainan yang terjadi pada saat haid, memungkinkan bisa menjadi pemicu terjadinya masalah pada saat mengalami kehamilan. Dinding rahim yang lebih tebal dari biasanya sering menjadi alasan penyebab sebagian wanita mengalami menorrhagia, haid lebih berat yang menimbulkan sakit dan jumlah pendarahan haid yang lebih banyak dari biasanya dibandingkan dengan wanita lain pada umumnya.

Pendarahan hebat pada saat haid juga dengan siklus yang tidak teratur. Patut diwaspadai dan harus segera diperiksakan untuk mengetahui masalah yang terjadi. Bisa jadi menjadi pemicu penebalan dinding rahim (hiperplasia) atau yang berbahaya, seperti fibroir (tumor jinak) dan endoketriosis.

Siapa yang berisiko terkena penebalan dinding rahim?

  • Sekitar usia menopause.
  • Didahului dengan terlambat haid atau amenorrea.
  • Obesitas (konversi perifer androgen menjadi estrogen. dalam jaringan lemak.
  • Penderita Diabetes Melitus.
  • Penggunaan estrogen dalam jangka panjang tanpa. disertai pemberian progestin pada kasus menopause.
  • Penderita polycystic ovarian syndrome.

Kunjungi dan baca juga obat tradisional mengatasi penebalan dinding rahim

Bahaya Penebalan Dinding Rahim

kondisi rahim yang menebal dan membuat penderita mengalami banyak pendarahan. Dari penebalan tersebut, maka akan membentuk sebuah benjolan asing yang tumbuh secara tidak normal.

Benjolan asing yang tumbuh secara tidak normal tersebut akan disebut dengan nama benjolan tumor. Tumor sendiri ada yang jinak dan ada yang ganas, maka jika benjolan tumor bersifat jinak, biasanya disebut dengan nama polip rahim, tapi jika ganas, maka bisa disebut sebagai kanker rahim.

Masalah penebalan dinding rahim ini jelas sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. gejala seperti nyeri ketika menstruasi, mengeluarkan banyak pendarahan ketika menstruasi, dan bahkan keluar darah pada masa yang bukan masanya menstruasi, gejala tersebut akan terjadi pada penderita penebalan dinding rahim.

Jika benjolan yang tumbuh karena penebalan dinding rahim sudah bersifat kanker, maka hal tersebut akan membuat rahim rusak dan menyebabkan kematian. Jika selamat dari kematian saja, maka penderitanya akan dinyatakan mandul permanen.

Sebenarnya masih banyak bahaya dari masalah penebalan dinding rahim ini. Jika dilihat dari gejala nya, maka setiap orang akan memiliki gejala yang berbeda-beda, tentunya bahaya yang ditimbulkan pun akan berbeda-beda, hanya saja apa yang sudah saya sebutkan merupakan bahaya secara umumnya saja.

Rate here

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *