Makanan Pemicu Naiknya Kadar Asam Urat

Makanan Pemicu Naiknya Kadar Asam Urat tanpa kita sadari ada dalam menu hidangan yang hendak kita konsumsi, baik itu sebagai menu makan malam maupun pada jam lainnya. hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan kita, karena bisa menyebabkan terkena asam urat. Stop Konsumsi Makanan Yang Memicu Asam Urat Naik

Inilah yang menjadi pemicu asam urat naik, yaitu makanan :

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang banyak memiliki kandungan purin. Beberapa di antaranya adalah kacang tanah, kacang hijau, tauge, dan melinjo. Jika Anda merasakan sakit di sendi, maka mulailah untuk mengurangi konsumsi kacang-kacangan tersebut.

Kafein dan Soda
Selain alkohol, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh juga harus dihindari oleh para penderita asam urat. Selain itu, minuman berkarbonasi yang mengandung soda seperti minuman ringan juga wajib dihindari.

Beberapa Sayuran dan Buah-buahan
Beberapa jenis sayuran juga harus dihindari karena dapat memicu asam urat seperti jamur kuping, daun singkong, kol, bayam, daun pepaya, kangkung, asparagus, dan buncis. Sedangkan untuk buah-buahannya antara lain nanas, kelapa muda, dan durian. baca juga pantangan makanan asam urat

Hati
Hati hewan, seperti sapi atau ayam, kerap dikonsumsi karena berbagai alasan gizi. Hati kaya akan vitamin B12, protein dan zat besi, tetapi juga tinggi purin, yang nantinya diubah menjadi asam urat. Menurut Boston University Medical, pasien yang menderita gout atau rentan terhadap gout disarankan untuk tidak makan hati. Jika kristal asam urat terkumpul dalam sendi, kondisi itu bisa sangat menyakitkan.

Ragi bir
Ragi adalah jenis jamur yang disebut Saccharomyces cerevisiae. Ragi ini paling sering digunakan dalam pembuatan alkohol – khususnya pada bir. Menurut Purple Sage, mengonsumsi bir, yang berisi ragi, dapat memicu peradangan asam urat dan harus dihindari oleh mereka yang menderita gout. Namun, ragi yang dimaksud di sini tidak ada hubungannya dengan ragi roti karena mereka memiliki sifat berbeda.

Makarel
Makarel adalah sekelompok ikan yang memiliki banyak nutrisi. Ada sekitar 48 spesies yang berbeda dari makarel. Minyak yang berasal dari makarel kerap digunakan dalam kapsul minyak ikan omega-3 untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Namun hati-hati, suplemen ini dapat memicu rasa sakit pada sendi bila terlalu sering dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap penumpukan asam urat, menurut Medline Plus.

Daging
Makanan kaya purin, termasuk hewan daging merah seperti daging sapi, dan organ-organ dalam hewan seperti hati, otak, jantung dan ginjal. Orang yang menderita hyperuricema harus menghindari makanan tersebut.

Ikan bercangkang
Ikan bercangkang sangat tinggi purin. Contohnya saja, kerang, tiram, kepiting, kerang, lobster, dan udang.

Makanan olahan
Makanan Penyebab lainnya adalah makanan olahan dari daging seperti abon dan dendeng. Keduanya memiliki kadar purin yang cukup tinggi sehingga harus dihindari. Berbagai makanan olahan di dalam kaleng juga cukup tinggi kadar purinnya seperti ikan sarden, kornet sapi, dan lainnya.

Diatas makanan yang memicu asam urat walaupun sangat tinggi zat purinnya, tetapi masih bisa kita konsumsi asalkan frekuensinya tidak sering dan tidak sedang menderita asam urat itu sendiri. semoga ulasan ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu kunjungi alternatifnya sehat ya!!!!

Artikel Menarik Lainnya :

Rate here
BosanBaikBagusBagus SekaliLuar Biasa (nilai rata-rata: 4.50)
Loading...
Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi