Mengenal Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

perbedaan asam urat dan rematik

Asam Urat Dan Rematik kadang kita sukar dalam membedakannya, tapi kesukaran tersebut masih pada tahap kewajaran, mengingat kita bukan ahli di dunia kesehatan. maka dari itu kami sebagai admin alsehat akan membagikan pemahaman tentang perbedaan rematik dan asam urat.

Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Ada Banyak Hal Letak Perbedaan asam urat dan rematik, kedua penyakit ini dapat menyerang masyarakat yang bekerja di kantoran maupun yang pekerja lapangan. baca juga tips pencegahan asam urat.

Asam Urat
Penyakit asam urat umumnya terjadi akibat dari mengkonsumsi zat purin secara berlebihan. Zat purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Hal ini mengakibatkan sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.

Selain daging, berbagai sayuran dan buah-buahan yang biasa kita konsumsipun terdapat zat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat akan menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin tersebut.

Rematik
Penyakit rematik adalah suatu kondisi tubuh yang sangat menyakitkan karena disebabkan oleh terjadinya pembengkakan, peradangan, dan nyeri pada sendi atau otot tubuh. Rematik disebabkan oleh imun yang menyerang kembali bagian tubuh yang normal, biasanya menghasilkan zat IL-6 atau penanda nyeri yang cukup tinggi. Rematik dapat menyebabkan rasa sakit pada sendi dan ketegangan otot.

Rematik merupakan penyakit yang menyerang bagian tubuh pada anggota gerak, seperti pada sendi, otot, tulang dan jaringan sekitar sendi. Keluhan yang lain yang sering muncul adalah rasa nyeri, kaku, bengkak sampai keterbatasan pergerakan anggota tubuh. Nyeri rematik hampir sama pada saat keseleo, tapi pada rematik disertai peradangan pada persendian dan kulit terlihat memerah akibat peradangan.

Prof Handono menuturkan ada 5 jenis rematik yang umum dijumpai, yaitu :

  • Rematik yang dijumpai sehari-hari seperti nyeri di bahu, pinggang atau leher.
  • Rematik yang terjadi pada orang tua yang kebanyakan akibat pengapuran sendi.
  • Rematik yang disebabkan oleh asma urat (gout).
  • Rematik yang terjadi karena adanya infeksi.
  • Rematik yang disebabkan oleh autoimun dan termasuk jenis yang paling berat dan bahaya yaitu artritis reumatoid

Jadi Bila Disimpulkan Ada 3 Perbedaan Asam Urat dan Rematik yang paling mendasar, Di Antaranya :

1. Rematik memiliki pengertian yang lebih luas daripada penyakit asam urat. Sedangkan asam urat ialah salah satu bagian dari penyakit rematik. Dengan kata lain rematik belum tentu asam urat, tetapi asam urat sudah pasti rematik.

2. Gejala rematik biasa dijumpai dengan rasa nyeri di bahu, pinggang atau leher, pengapuran di sendi, infeksi dan lain sebagainya. Sedangkan pada gejala asam urat menimbulkan rasa sakit yang sangat spesifik yaitu pada persendian tulang.

3. Penyebab asam urat adalah karena kadar asam urat dalam tubuh berlebih, sedangkan penyebab rematik adalah disebabkan oleh banyak faktor.

Antara asam urat dengan rematik memiliki rasa sakit yang hampir sama. Sehingga anda tidak akan tahu rasa nyeri itu akibat asam urat atau yang lainnya, diketahui setelah memeriksakannya ke laboratorium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *