Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium Awal Dan Lanjut

ciri ciri kanker payudara stadium 1,2,3 dan 4

Ciri-Ciri Kanker Payudara – pada dasarnya kanker payudara bisa juga terjadi pada laki-laki, akan tetapi wanita beresiko 100 kali lebih besar menderita kanker payudara dibanding laki-laki. ada empat stadium dalam kanker payudara ini, jadi inilah yang hendak kami share kepada anda.

Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium Awal Dan Lanjut

Secara Garis Besar, Ciri-Ciri Ataupun Gejala Kanker Payudara Dikategorikan Kedalam Empat Tahapan :

  • Stadium 1 – merupakan tahap paling awal dari kanker payudara. Diameter tumor pada tahap ini biasanya tidak melebihi dua centimeter. Tumor-tumor kecil berkelompok mungkin ditemukan pada kelenjar getah bening.
  • Stadium 2 – proses penyebaran kanker dimulai di tahap ini. Kanker mungkin tampak di beberapa kelenjar getah bening, dan tumor dalam payudara akan membesar namun tidak melebihi lima centimeter.
  • Stadium 3 – dokter mengklasifikasikan tahapan ini sebagai stadium lanjut, di mana penyebaran sel kanker sudah memengaruhi hampir keseluruhan kelenjar getah bening dan jaringan dada. Di tahap ini kanker terkadang menjalar ke jaringan kulit dada, menyebabkan peradangan dan luka.
  • Stadium 4 – kanker telah menyebar ke seluruh tubuh dan mengakibatkan pengaruh secara massive (besar-besaran). Dalam stadium ini, ciri yang dapat dilihat adalah timbulnya pembengkakan dan rasa nyeri, keluarnya darah atau cairan aneh yang berbau tidak sedap, dan rasa nyeri yang tidak kunjung berhenti. Selain itu, juga terjadi luka dan menyebabkan borok (ulkus). Menurut nationalbreastcancer.org sel kanker pada stadium 4 ini juga dapat menyebar ke otak, paru-paru, dan hati.

Jadi Kanker Yang Paling Beresiko Dari Ke Empat Tahapan Diatas  Adalah Pada Stadium Empat Atau Stadium Lanjut. Supaya Ladies lebih mudah lagi memahaminya, berikut ini ciri-ciri umum tumbuhnya kanker payudara, diantaranya :

  • Adanya Benjolan Didaerah Payudara atau Ketiak – ciri ini menjadi tahap awal yang terjadi, maka dari itu penting untuk kita waspada atau melakukan pencegahan sejak dini.
  • Warna, Ukuran dan Bentuk Payudara Mengalami Perubahan -Perubahan ukuran atau bentuk payudara menjadi salah satu ciri fisik yang dapat kita lihat akan tanda awal penyakit kanker payudara, hal tersebut bisa terjadi pengecilan ukuran, pembesaran ukuran pada salah satu atau perubahan warna pada daerah payuadara.
  • Terjadinya kerutan disebagian payudara yang lingkupannya kecil, kalau payudara yang normal kulitnya tidak akan berkerut ataupun kasar, tetapi jika payudara tidak normal kulitnya kasar dan disebagian daerah ada kerutan.
  • Keluarnya Cairan Dari Puting Baik Coklat, Bening, Kental atau Encer – tahap ini sudah masuk pada posisi siaga atau harus segera dilakukan pencegahan, karena apabila keluarnya sesuatu cairan secara tiba-tiba baik itu putih, bening, encer, kental itu tanda bahwa kondisi kesehatan payudara anda sedang tidak sehat atau bahkan dengan keluarnya cairan coklat, darah ini sudah masuk pada kondisi kronis yang harus dilakukan pengobatan.
  • Puting Masuk Ke Dalam baik salah satu atau keduanya, pada kondisi normal puting susu kalaupun kecil itu akan sejajar dengan kulitnya dan jika tidak demikian maka diwajibkan segera lakukan pemerikasaan.
  • Pembengkakan dan nyeri di bagian puting – Payudara yang membengkak dan terasa berat atau nyeri perlu diwaspadai. Tidak seperti pembengkakan payudara pada wanita yang sedang hamil, pembengkakan akibat kanker akan terlihat tidak sama besarnya antara payudara kanan dan kiri.
  • Timbulnya gatal yang tidak terduga di sekitar daerah payudara. Gatal ini dapat terjadi dalam skala kecil ataupun besar, selain itu terjadinya kondisi lain didaerah kulit payudara seperti bersisik dan ruam pada puting.

Artikel Lainnya Yang Tak Kalah Penting ( klik ) : Cara Herbal Mengobati Kanker Payudara

Perlu Ingat!! Jangan Ditunda Konsultasi Ke Dokter Ahli Apabila Anda Merasakan keluhan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Akhir Kata Semoga Artikel Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium Awal Dan Lanjut dapat bermanfaat untuk anda khususnya kepada wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *